Wednesday, December 21, 2011

INI Amanah : Mendidik Anak

Sungguh, mari kita berusaha mempersiapkan generasi setelah kita. yang Taqwa dan mampu mengarungi dunia dengan selamat dan sejahtera

Salah satu amal yang tidak pernah terputus pahalanya sekalipun kita telah meninggalkan dunia ini adalah anak yang shaleh. Doa anak yang shaleh merupakan salah satu doa yang insya Allah pasti terkabul. Karenanya, orangtua harus mendidik anak dengan sebaik-baiknya. Jika tidak, anak akan tumbuh menjadi seorang yang berkepribadian rusak dan hancur yang pada gilirannya akan merugikan orangtua itu sendiri.

Sesungguhnya memang tidak mudah memikul beban untuk membesarkan anak hingga menjadi pribadi yang kita harapkan dapat meraih sukses dunia dan akhirat. Semua butuh kesabaran, kerja keras, keikhlasan, dan masih banyak lagi. Amanah itulah kuncinya. setiap kita diberikan amanah kita berkewajiban menjaga dan melaksanakan amanah. Mari sama-sama belajar. Berikut beberapa tips yang diaplikasikan oleh orangtua yang disarikan dari tata cara mendidik anak ala Rasulullah Saw.

1. Menanamkan Nilai-nilai Ketauhidan
Mengajarkan tauhid kepada anak, mengesakan Allah dalam hal beribadah kepada-Nya, menjadikannya lebih mencintai Allah daripada selain-Nya, tidak ada yang ditakutinya kecuali Allah. Selain itu, orangtua harus menekankan bahwa setiap langkah manusia selalu dalam pengawasan Allah Swt. dan penerapan konsep tersebut adalah dengan berusaha menaati peraturan dan menjauhi larangan-Nya. Terlebih dahulu, orangtua selaku guru (pertama) bagi anak-anaknya harus mampu menyesuaikan tingkah lakunya dengan nilai-nilai yang diajarkan dalam Islam. Ini adalah pendidikan yang paling urgen di atas hal-hal penting lainnya.

2. Menjadi Sahabat dan Mendidik dengan Keteladanan
Setiap anak akan belajar dari lingkungannya dan dalam hal ini lingkungan keluarga akan sangat berpengaruh pada perkembangan kepribadiannya. Orang-orang di sekelilingnya akan menjadi model dan contoh dalam bersikap. Sudah selayaknyalah orangtua memberi keteladanan kepada anak-anaknya. Para orangtua sebaiknya memberikan contoh yang baik sesuai dengan nasihat dan ucapannya kepada para anaknya. Akan sangat lucu jika yang disampaikan orangtua kepada anak-anaknya ternyata tidak dilakukan oleh orangtua itu sendiri. Dalam Islam, keteladanan dari orangtua sangat menentukan terlebih di zaman sekarang media tontonan tidak dapat diharapkan menjadi contoh yang baik bagi pembentukan akhlak anak-anak muslim.

3. Mendidik dengan Kebiasaan
Suatu kebaikan harus dimulai dengan pembiasaan. Anak harus dibiasakan bangun pagi agar mereka gemar melaksanakan shalat Subuh. Anak harus dibiasakan ke masjid agar mereka gemar melakukan berbagai ritual ibadah di masjid. Pembiasaan itu harus dimulai sejak dini, bahkan pembiasaan membaca Al-Quran pun bisa dimulai sejak dalam kandungan. Pembiasaan shalat pada anak harus sudah dimulai sejak anak berumur tujuh tahun.

4. Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Anak
Sebagai upaya menumbuhkan rasa percaya diri anak, Rasulullah Saw. menggunakan beberapa cara berikut. Saat sedang berpuasa, Rasulullah mengajak anak-anak bermain sehingga siang yang panjang terasa cepat. Anak-anak akan menyongsong waktu berbuka dengan gembira. Hal ini juga membuat anak memiliki kepercayaan diri sehingga sanggup berpuasa sehari penuh. Sering membawa anak-anak ke majelis orang dewasa, resepsi, atau bersilaturahim ke rumah saudara sebagai upaya menumbuhkan kepercayaan diri sosialnya. Mengajari Al-Quran dan As-Sunnah serta menceritakan sirah nabi untuk meningkatkan kepercayaan diri ilmiahnya. Menanamkan kebiasaan berjual-beli untuk meningkatkan kepercayaan diri anak terkait ekonomi dan bisnis. Di samping itu, sejak dini anak akan terlatih mandiri secara ekonomi.

5. Memotivasinya Anak Berbuat Baik
Seorang anak, meski kecil, juga terdiri dari jasad dan hati. Mereka dilahirkan dalam keadaan bersih dan suci sehingga hatinya yang putih dan lembut itu pun akan mudah tersentuh dengan kata-kata yang hikmah. Anak-anak, terutama pada usia emas (golden age), cenderung lebih mudah tersentuh oleh motivasi ketimbang ancaman. Karenanya, hendaknya orangtua tidak mengandalkan ancaman untuk mendidik buah hati. Ketimbang mengancam, lebih baik orangtua memotivasi anak dengan mengatakan bahwa kebaikan akan mendapat balasan surga dengan segala kenikmatannya. Itu pulalah yang dicontohkan oleh Rasulullah kepada kita ketika beliau mendidik para sahabat.

6. Sediakan Waktu untuk Makan Bersama Anak
Rasulullah Saw. senantiasa menyempatkan untuk makan bersama anak-anak. Cara tersebut akan mempererat keterikatan batin antara orangtua dan anaknya. Dengan begitu kita dapat meluruskan kembali berbagai kekeliruan yang mereka lakukan melalui dialog terbuka dan diskusi. Alangkah baiknya jika ibu dan bapak berkumpul dengan anak-anak ketika makan bersama sehingga mereka merasakan pentingnya peran kedua orangtuanya. Hal ini juga dapat mempermudah meresapnya segala nasihat tentang perilaku, keimanan, atau pendidikan.

7. Mendidik dengan Reward/Hadiah
Memberi hadiah adalah salah satu penghargaan yang dapat melunakkan hati anak sehingga mereka akan bersimpati kepada kita dan akhirnya mau melaksanakan nasihat yang kita berikan. Namun perlu diingat, tidak semua perbuatan baik anak harus dihargai dengan materi. Lakukan reward yang bervariasi, bisa dengan pujian, ciuman, belaian, uang, dan lain-lain.

8. Memilih Sekolah yang Islami
Saat anak menginjak usia sekolah, orangtua berperan dalam memilihkan sekolah, mengajarkan Al-Quran, mengembangkan pola pikir anak, memberikan data dan ilmu semaksimal mungkin. Meski anak sudah mulai sekolah (mendapatkan ilmu di sekolah), orangtua hendaklah selalu belajar tentang pendidikan anak karena semakin bertambah usia anak, maka akan semakin kompleks pula problem (pendidikan anak) yang harus kita hadapi.

9. Mendidik dengan Hukuman
Cara ini boleh dilakukan jika cara-cara di atas tidak berhasil. Memang di dalam Islam, menghukum diperbolehkan selama tidak berlebihan seperti sampai menyebabkan luka. Hukuman tersebut usahakan menimbulkan efek jera kepada anak agar ia tidak mengulangi perbuatannya. Akan tetapi harus diperhatikan adab-adabnya, jangan sampai berlebihan yang akhirnya akan membuat anak menjadi dendam.

10. Memahami Keadaan Anak Secara Baik dan Menggunakan Metode yang Tepat
Setiap anak memiliki karakter dan pribadi yang berbeda walaupun berasal dari orangtua yang sama. Cari metode yang tepat dan jitu sehingga anak dapat diarahkan dengan lebih mudah.

Sumber saya ambil dari www.percikaniman.org dan dari buku karya Ustd Aam Amirudin  yg berjudul Sudahkan kudidik anaku dengan benar?


Tuesday, December 20, 2011

Ciptakan Sendiri Wisata Sawah Batukarut

Minggu sore tanda tanda akan turun hujan sudah mulai terlihat. dari angin dan kelembapan suhu terasa dikulit. Masih ada harapan untuk berwisata jika dilihat dari arah langit nampak ada yang masih biru membelah gumpalan awan hitam dan putih. Seperti masih ada harapan akan adanya kesempatan untuk bisa berliburan. Tak ada kesempatan yang kedua jika tidak kita paksakan untuk keluar rumah berliburan. Alhamdulillah Allah memberikan kesempatan kali ini untuk saya sekeluarga berliburan ke kawasan Kiara Payung & Batukarut. Lokasinya tidak jauh dari Rumah tempat kami tinggal, Cukup dekat jika ditempuh dengan menggunakan motor sekitar 5 menit untuk sampai ke kiara payung. Lokasi kiara payung atas menawarkan wisata alam yang menyuguhkan pemandangan seluruh kota bandung. sedangkan lokasi wisata tujuan kita kali ini adalah batukarut. saya sendiri belum pernah ke batukarut. namun jika dilihat dari kiara payung nampak indah sawah dan pemandangan kampungnya. Memang kita sendiri juga yang menentukan mau dimana lokasi tempat kita berlibur. contohnya saya dan keluarga kali ini memilih are persawahan. kita langsung ke TKP:



















Saturday, December 17, 2011

Bersantai di tepi situ Patenggang

Pagi yang cerah sudah mulai tampak terlihat sejak subuh tadi. hari minggu tanggal 27 Nov 2011, Aku beserta istri dan anaku rencananya pagi ini berangkat ke tempat wisata yang belum pernah kita kunjungi. meski aku sudah tinggal di bandung sekitar 5 tahun namun aku belum pernah ke tempat wisata ini. Wisata yang terbilang cukup terkenal di jawabarat. apalagi kalau bukan Situ Patenggang. Situ patenggang berokasi di Ciwidey kab. bandung Barat. Tepatnya arah selatan dari kota bandung. Pemandangan menuju kawasan ini sangat indah.

Dari  perjalanan saja kita sudah disuguhi indahnya perkampungan dan persawahan yang ada di kanan kiri jalan raya. Selain itu banyak pedagang Strawbery yang berjualan di sepanjang jalan menuju Ciwidey. bahkan kita juga bisa dimanjakan dengan kemudahan memetik sendiri strawberry. Selain itu jika sudah memasuki kawasan ciwidey kita akan disuguhi pemandangan kebun teh yang membuat mata dan otak serasa segar dan fresh kembali. apalagi jika kita habis kerja penat maka cocok jika kita liburan ketempat ini. Selain Situ Patenggang kawasan ciwidey memiliki banyak kawasatan wisata. Diantaranya ada. Kawah Putih, Cibolang, Ciwalini. dan banyak lagi area perkemahan dan arena  outbound. Untuk itu jika anda berminat mengajak keluarga liburan tak salah jika anda memilih tempat ini untuk wisata. Kembali ke SItu Patenggang lagi, tiket untuk masuk cukup murah. 7.500 saja. hanya dengan biaya segitu murah anda sudah bisa menikmati kawasan situ patenggang. komplit dengan area perkebunan dan area belanja oleh-oleh khas situ patenggang.

Lokasi situ patenggang bisa anda nikmati dari berbagai bagian. dari mulai area utama , sampai area pilihan sendiri yang terdiri dari padang rumput hijau menghampar dipinggiran situ, atau bebatuan yang juga ada disekitar pinggiran situ dan kebun teh. Banyak para wisatawan lokal yang meimilih tempat sendiri untuk berkumpul bersama keluarga sambil makan bareng. seperti yang saya lakukan pagi ini. saya sudah siapkan bekal makan dan beberapa camilan untuk dinikmati dipinggiran situ. tak lupa siapkan kamera tentunya untuk mengabadikan keindahan situ dan kebersamaan anda bersama keluarga.
Jika anda memilih lokasi area utama kan tersedia perahu kecil yang siap mengantarkan anda keliling situ cukup dengan biaya 20.000 bahkan bisa ditawar. ada juga perahu pedal yang berbentuk bebek dan angsa  yang bisa anda gunakan untuk sekeluarga bersantai menikmati keindahan situ patenggang. pokoknya saya jamin deh dengan suasana dingin dan keindahan situ patenggang dijamin anda pasti pingin kembali lagi. ok deh untuk lebih tau jelas keindahannya langsung saja menuju ke TKP :









mungkin itu untuk gambaran dan foto dari objek wisata Situ Patenggang. tentunya untuk yang belum pernah segera berkunjung dan untuk yang sudah pernah semoga tidak bosa...terimakasih sudah berkenan mampir...